Fardu Ain x Fardu Kifayah

Assalamualaikum teman-teman, kali ini aku mau menjelaskan perbedaan antara fardu ain dengan fardu kifayah.
Sebenarnya ya gaes, aku mengambil tema ini bcs aku kadang lupa kalo ditanya ini fardu apa? kifayah or fardu ain, ehe.

Sebelum itu kita bahas apa itu Fardu dulu yups.
Fardu adalah status hukum Islam dari suatu aktivitas yang harus dan wajib dilakukan.
Fardu memiliki arti yang sama dengan Wajib

Oke, so ya langsung aja..

A. Fardu Kifayah adalah suatu kegiatan dalam islam yang hukumnya wajib dilakukan, namun bila sudah dilakukan oleh muslim yang lainnya, kewajibannya gugur.

Contohnya :
1. Mensalatkan jenazah orang muslim
2. Belajar ilmu kedokteran, ekonomi, dll
3. Jihad

B. Fardu Ain adalah suatu kegiatan dalam islam yang hukumnya wajib dilakukan oleh seluruh individu yang telah memenuhi syarat-syaratnya. Dalam islam, bila seseorang meninggalkan kegiatan yang hukumnya fardu ain, akan mendapatkan dosa.

Contohnya :
1. Salat lima waktu (Subuh, Dzuhur, Asar, Magrib, Isya')
2. Berpuasa
3. Haji bagi yang mampu
4. Berzakat
5. Berbakti kepada orang tua

Oke, segitu aja ya pembahasan dari aku tentang fardu. Semoga Bermanfaat
Dan apabila ada yang kurang atau salah kata dari kiriman blog saya, saya minta maaf.

Have u enjoy ! see you next time

#AmbilYangBaik
#BuangYangBuruk
#PelajarSepanjangHayat
Menjadikan belajar menjadi kebiasaan!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI PERBANKAN SYARIAH

Contoh Teks Prosedur menggunakan Bahasa Inggris

Contoh perhitungan pembiayaan murabahah